Kesbangpol Aceh Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Ormas di Aceh Tengah

Kategori : berita Jumat, 06 Juli 2018

Aceh Tengah - Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Aceh bekerjasama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Tengah menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Ormas di Aula A Hotel Penemas Kabupaten Aceh Tengah, Kamis 5 Juli 2018.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abu Bakar yang diwakili Sekda Aceh Tengah Karimansyah dalam sambutannya, serta sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan, untuk meningkatkan kemampuan para aktivis ormas di Aceh Tengah dalam rangka pengelolaan manajemen ormas, maka kegiatan itu sangat tepat diadakan.

Pemerintah kabupaten Aceh Tengah melalui Kesbangpol Aceh Tengah akan terus meningkatkan pelayanan yang maksimal dan terus meningkatkan komunikasi dengan tujuan agar menjadikan ormas sebagai mitra strategis dalam pembangunan Kesbangpol Aceh Tengah khususnya dan nasional pada umumnya.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada para peserta agar dapat menggunakan dan memanfaatkan forum tersebut.

“Karena selain mendapatkan ilmu tentang keorganisasian, juga tentunya sebagai media silaturrahmi sesama Ormas,”

 Adapun kegiatan tersebut juga dapat menciptakan Ormas yang paham betul akan masalah kebangsaan. Lanjutnya, bangsa Indonesia sedang butuh untuk bersinergi dengam berbagai elemen, dan Karimansyah mengajak seluruh peserta untuk berbenah, dan saling mencintai kepada bangsa Indonesia.

Dirinya juga menekankan bahwa, adapun tiga elemen yang paling berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia, pertama, pemerintah, kedua, dunia usaha, dan ketiga ialah, elemen masyarakat

Kepala Kesbangpol Aceh Tengah Munawardi Ridha, SH, selaku ketua panitia pelaksana Kegiatan melaporkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari, berdasarkan Undang-undang nomor 16 tahun 2018 perubahan atas Undang – undang nomor 17 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan, peserta kegiatan penguatan kapasitas ormas tahun 2018 ini berjumlah 45 peserta terdiri dari pengurus ormas/lsm/dan lembaga nirlaba lainnya dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

Dengan tujuan untuk membangun hubungan yang harmonis dan sinergi antara pemerintah dan ormas.

Kegiatan penguatan kapasitas ormas diisi oleh Nasir Zalba, SE dengan materi “manajemen dan kepemimpinan ormas”, letkol inf Hendry Widodo (Dandim 0106/Aceh Tengah) dengan Materi “Ancaman, Gangguan, Hambatan Dan Tantangan (AGHT) Terhadap Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Menjelang Pileg Dan Pilpres”, Kepala Kantor kesbangpol Kabupaten Aceh Tengah dengan materi “Peran Pemerintah Daerah Terhadap Pemberdayaan Ormas”, Drs. Kahar Muzakkir (Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya Dan Ormas Bakesbangpol Aceh dengan materi “Regulasi Tatacara Pendaftaran Ormas”.

Sementara itu, acara ditutup oleh Kepala Kesbangpol Aceh Drs. Mahdi Efendi, melalui Kabid Kasubbid Ormas Musmulyadi, S.Pd.I, MM.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Takengon
Lat: 4.62
Lng: 96.84